Translate

Sabtu, 14 Desember 2013

DOA PENDINDING & PENGGERAK SANGAT WAJAR dipraktekkan di ZAMAN INI

Ada satu doa yang pendek tetapi sangat besar manfaatnya jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Doa yang dimaksudkan seperti sabda Rasulullah saw seperti berikut





Rasulullah s.a.w. mengajarkan kepada umatnya satu doa yang jika dibaca tiga kali di waktu pagi dan tiga kali di malam hari maka akan terhindarlah kepada yang membacanya dari segala kemudaratan disepanjang hari tersebut. Doa dari hadis di atas adalah seperti berikut;









Menurut kamus Dewan Bahasa Edisi Ketiga, "Mudarat" membawa maksud seperti berikut;


Tidak Beruntung , Menanggung Rugi
Tidak Berhasil , Tidak Berhasil , Gagal
berbahaya
Melarat , Bertambah Payah

Dengan itu jika kita amalkan doa yang tersebut di atas , insya'Allah kita akan terhindar dari " kotoran" yang disebutkan . Maka dengan itu faedahnya yang diperoleh adalah kita akan ;

Beruntung , Tidak Menanggung Rugi .
Berhasil , Berhasil dan Tidak Gagal .
Selamat dari bahaya .
Tidak melarat , Menjadi Senang .
Keberuntungan beramal dengan doa ini

1 . Terhindar Dari Bahaya

Tuan Guru Dato ' Dr . Haron Din menyebutkan doa ini sebagai " Ayat Pengerak " karena dengan membaca doa ini bisa mengerakkan hati kita untuk melanjutkan atau tidak bila hendak melakukan sesuatu pekerjaan yang berbahaya . Tuan Guru memberikan tips bagaimana untuk beramal dengan doa ini seperti berikut ;

Bila hendak memulai perjalanan samaada perjalanan yang dekat atau jauh , bepergian ke tempat yang telah biasa atau yang belum pernah dikunjungi dan sebagainya atau untuk memulai sesuatu pekerjaan yang mungkin biasa atau berisiko seperti masuk hutan untuk berburu , memancing , menyembelih binatang , bekerja di tempat konstruksi , dan sejenisnya , maka sebelum itu bacalah doa ini sebanyak tujuh kali . Insya'Allah , Allah akan melindungi kita dari segala bentuk kemudaratan , kejahatan dan bahaya yang mungkin ada di sekitar kita .

Jika bacaan tersekat - sekat atau terlupa atau ketika sedang membaca ada gangguan seperti gangguan telepon berdering , gangguan dari anak - anak , gangguan dari teman yang menyapa dan sebagainya yang menyebabkan kosentrasi bacaan terganggu , maka istirahatlah dahulu . Jangan diteruskan perjalanan atau pekerjaan tersebut . Setelah beristirahat beberapa saat , baca sekali lagi sampai tujuh kali bacaan . Jika sekiranya bacaan tujuh kali itu lancar baru lanjutkan perjalanan atau pekerjaan tersebut . Jika diteruskan juga perjalanan atau pekerjaan sedangkan bacaannya tidak lancar , menurut pengalaman Tuan Guru , kita bisa terkena dengan apapun mungkin ada dihadapan kita .

Perlu dicatat disini bahwa , insya'Allah kita bisa terlepas dari kemudaratan yang dinamakan Qada ' Muaalaq yaitu ketentuan Allah yang dapat berubah dengan kita berusaha melalui berdoa kepada - Nya . Namun jika itu Qada ' Mubram yaitu ketentuan Allah yang tidak bisa berubah seperti mati maka kalau ajal telah tiba kita membaca doa ini seribu kali sekali pun pasti kita akan mati .

2 . Terhindar Dari Harm Makanan

Makanan dan minuman yang masuk ketubuh badan kita sebagian mengandung bahan kimia yang beracun . Racun tersebut tidak berdampak untuk jangka pendek tetapi terbukti sebagian membahayakan tubuh untuk jangka panjang . Penyakit yang begitu sinonim dewasa ini dalam masyarakat kita seperti kanker , diabetes , dan sebagainya adalah bersumber dari makanan dan juga minuman . Untuk menghindari makanan yang kita makan membawa membahayakan tubuh adalah disarankan agar mengamalkan doa ini setidaknya tiga kali sebelum menjamah apa saja makanan dan minuman . Insya'Allah dengan keberkahan membaca doa ini semua makanan dan minuman yang halal , yang dimakan dan diminum tidak membahayakan tubuh kita .

3 . Terhindar Dari Sihir

Perbuatan belajar dan mengamalkan ilmu sihir hukumnya adalah syirik dan mereka yang syirik akan mendapat balasan laknat Allah swt dan mereka akan ditempatkan di dalam neraka selama - lamanya kecuali bertobat sebelum mati .

Dampak perbuatan sihir bisa terkena kepada siapa saja dengan izin Allah swt Ada sihir untuk tujuan kecantikan seperti memakai susuk dan kebanyakan praktek sihir adalah untuk tujuan berbahaya yang dapat membahayakan seseorang dan beberapa mematikan . 
Ada perbuatan sihir yang memang ditujukan kepada seseorang karena dorongan hasad dengki , dan ada juga yang terkena sihir dengan tidak disengaja seperti secara tidak sengaja termakan makanan dan minuman yang mengandung santau .
Pengalaman penulis berhenti makan dengan seorang sahabat di sebuah warung makan .
 Gerai tersebut berlokasi di tepi jalanraya . Ketika hendak menjamah makanan , tiba - tiba piring kaca yang berisi nasi terbelah dua . Dalam peristiwa yang lain , sahabat penulis itu menceritakan dia pernah minum di sebuah restoran dimana gelas ditangannya pecah sebelum sempat sampai ke mulutnya . Kedua kejadian ini terjadi karena makanan dan minuman tersebut ada mengandung sihir santau . Dia terhindar dari kerugian sihir dengan berkat beramal dengan doa ini setiap kali sebelum menjamah makanan dan minuman .
Dalam hal yang lain pula , ada juga sihir digunakan untuk tujuan promosi penjualan makanan . Unsur - unsur bahan sihir tertentu dimasukkan ke dalam makanan yang menyebabkan siapa yang menjamah makanan tersebut akan merasakan masakan tersebut sungguh sedap . Dengan mengamalkan doa ini insyaAllah kita hanya akan merasa yg asal tanpa dipengaruhi faktor lain .

3 . Terhindar Dari Gangguan Makhluk Halus

Ketika kita pergi ke suatu tempat yang pada umumnya tempat tersebut makhluk halus berkeliaran atau tinggal seperti di tepi tasek , di dalam hutan , di gedung yang telah lama di tinggalkan dan sebagainya , maka kita terkena gangguan makhluk ini . Namun jika kita beramal dengan doa ini insya'Allah mereka tidak berhasil untuk mengusik , manakut - nakuti dan merugikan kita .

Satu hal yang penting juga , ketika kita pulang ke rumah dari tempat yang disebutkan di atas , kadang kala makhluk itu akan mengikuti kita dan masuk ke dalam rumah kita tanpa kita sadari . 
Jika kita memiliki anak - anak kecil mereka mudah diganggu oleh makhluk ini , akibatnya anak kecil kita menangis tanpa henti . Untuk menghindari mereka masuk ke rumah kita , bacalah doa ini tiga kali kemudian ludah ke sebelah kiri sebelum kita masuk ke dalam rumah .

Di dalam hadis yang tersebut di atas , Rasulullah saw mengajarkan supaya membaca doa ini tiga kali , dengan itu mungkin kurang efektif jika kita membacanya kurang dari tiga .
Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi yang membaca dan mengamalkannya , insya'Allah .

Darussyifa '





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kutipan Favorit

Klik show untuk melihat
Iman kepada Allah SWT memberikan pengaruh besar pada tingkah laku seseorang. Ia bagaikan perisai yang menyelimuti hati dari setiap dorongan hawa nafsu.Orang yang benar-benar beriman merasa bahwa Allah SWT selalu mengawasi dan selalu ada di setiap langkahnya hingga dia akan malu jika hendak berbuat maksiat.

Iman seperti ini bukanlah iman dalam pengertian sederhana, yaitu hanya sekadar tahu bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT. Tapi, sebuah keyakinan yang didasari penghayatan bahwa Tuhan benar-benar ada dan mengawasinya setiap saat.

Sebagai gambaran, misalnya, seorang pencuri tak akan pernah menghiraukan ancaman petugas walau terus memburu dan mengawasi gerak-geriknya. Bahkan, ia akan terus mencari celah kesempatan melancarkan aksinya.

Tapi, bila timbul rasa sadar karena merasa diawasi Allah SWT, kemungkinan besar perbuatan tercela itu akan ditinggalkannya. Sebab, dia yakin tak ada celah sedikit pun untuk melepaskan diri dari pengawasan-Nya.

Ini merupakan gambaran bahwa iman menjadi kunci terciptanya kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera. Dengan memantapkan keimanan terhadap Allah SWT, perbuatan dan tingkah laku kita akan selalu diarahkan pada yang diridhai-Nya.

''Tak akan berzina seorang pezina ketika hendak berzina dia beriman. Tak akan meminum khamr seorang peminum ketika hendak minum dia beriman. Tidak akan mencuri seorang pencuri ketika hendak mencuri dia beriman.'' (HR Bukhari).

Namun, kesulitan yang sering dihadapi adalah intensitas iman kadangkala naik dan turun. Keadaan seperti ini mengharuskan kita terus berusaha menjaga keimanan agar tetap stabil.

Untuk itu, kita harus memperbanyak zikir kepada Allah SWT, baik siang maupun malam. Berzikir kepada Allah SWT bukan hanya dilakukan di waktu shalat, tapi juga dalam berbagai hal, baik ketika duduk, tidur, maupun berdiri.''Maka, bila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, di waktu duduk, dan di waktu berbaring.'' (QS Annisa [4]: 103).

Ada yang memahami berzikir sebatas ritual, yaitu dengan membaca kalimat tahlil, tahmid, dan tasbih. Namun, pengertian zikir yang paling utama dan substansial adalah mengingat Allah SWT sebagai bentuk kesadaran hati terdalam bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah milik-Nya.

Berzikir seperti ini dilakukan dalam setiap kesempatan dengan cara merenungi karunia Allah SWT, mengingat-ingat keagungan-Nya yang tertuang di dunia ini. Dengan demikian, akan muncul kekaguman dan kecintaan terhadap Allah SWT.

''Dan, sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara pada waktu pagi dan petang. Dan, janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.'' (QS Al-A'raaf [7]: 205)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...